Cari Blog Ini

Buyers dari Eropa Tengah/Timur Cari Produk Indonesia pada TEI 2010

>> Minggu, 17 Oktober 2010


Kebutuan dari para pengusaha dalam memasarkan produk-produk mereka di dalam negeri. Namun dengan terdapatnya beberapa pameran yang bertaraf internasional, para pengusaha Indonesia dapat mengikuti pameran seperti pameran Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan pada tanggal 13-17 Oktober 2010 di Kemayoran – Jakarta. Pameran ini dikoordinir oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Naisonal c.q. Kementerian Perdagangan yang bekerjasama sama dengan beberapa instasni lainnya sehingga pada pameran ini menghasilkan kontrak dagang yang tinggi.

Adapun bebeberapa pengusaha yang telah mengikuti pameran ini, sebagian besar merasa puas dikarenakan telah mendapat hasil yang cukup memuaskan. Adapun pembeli tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun dari luar negeri pun banyak yang berdatangan ke Kemayoran.

Kreativitas desainer Indonesia untuk berbagai produk furniture dan handicraft banyak menndapatkan pengakuan Internasional. Bagitu juga untuk produk-produk Indonesia lainnya yang mereka lihat di TEI 2010 belum masuk ke Eropa Tengah/Timur dan mempunyai potensi pasar di Negara-negara tersebut.

Penjelasan tersebut disampaikan buyers asal Kroasia, Darko Butigan, Direktur Pembelian dari Department Store terbesar “NAMA” dipusat kota Zagreb/Kroasia dengan turn over sebesar 20 juta Euro/tahun dan luasnya ruangan yang dipakai mencapai 16 ribu meter persegi dengan menjual berbagai macam produk.

Darko Butigan mencari produk : TPT, furniture, handicraft dan produk lain yang menarik yang dapat dipasarkan di Kroasia dan negara sekitarnya. Buyers lainnya adalah Milan Mracek dari Ceko menginginkan produk pertambangan, marbel, batubara dan lainnya.

Sedangkan Karel jerabek juga dari Ceko, mengatakan banyak produk-produk di TEI 2010 diluar dugaan dan tidak ada di pasar Ceko/Eropa Tengah seperti marmer bermotif kayu, produk Bee Poolen dari Bio Pharma, Virgin Coconut Oil yang dapat dipasarkan di Ceko. Karel akan mengadakan trial order dengan perusahaan yang memproduksi produk itu, setelah lolos dari izin memasuki pasar Uni Eropa. Martin Secansky dari Slovakia telah mengadakan pembicaraan lebih awal (12/10) dengan Calenium Pharmacy untuk bedak Kaladin dan sabun mandi JV Suplur. Martin juga mencari produk yang dipasarkan di Slovakia.

Kedatangan para buyers ini difasilitasi/dikoordinir oleh ITPC Budapest yang membawa 21 buyers dari Kroasia, Hongaria, Ceko, Slovakia, Macedonia dan Bosnia.

Dengan jumlah penduduknya 100 juta orang di Eropa Tengah dan Timur (lebih dari 10 negara) pada tahun 2009 GDP (Purchasing Power Parity) rata-rata US$ 8.000/tahun serta tingkat pertumbuhannya GDP 2%. Pelabuhan Reika di Kroasia atau Koper di Slovenia dapat digunakan sebagai entry point ke Eropa Tengah dan Timur maka prospek Kroasia dan Slovenia dapat digunakan sebagai pintu masuk produk ekspor nonmigas Indonesia dapat menjadi bahan pertimbangan eksportir Idnoensia untuk memasuki pasar Eropa Tengah/Timur.

Sumber : Journal TEI 2010, Edisi No. 2, Kamis 14 Oktober 2010

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP